
Jadi Content Creator: Kerja Fleksibel, Klien Global, Pendapatan Dollar! Dalami seni berkomunikasi yang efektif dan menarik lintas media, kuliah yang seru dan asyik bersama dosen dan mentor praktisi, kunjungan ke creative agency dan perusahaan media bertaraf nasional, serta praktek langsung bikin strategi dan konten komunikasi dengan apps terkini dan AI. Peluang profesi: Content Creator, Social Media Management, Reporter, Public Relation Officer Program Studi Ilmu Komunikasi mempunyai Visi untuk menjadikan program studi yang mampu berkompetisi di tingkat nasional dalam pengembangan ilmu komunikasi berorientasi kewirausahaan. Misi Program Studi Ilmu Komunikasi yaitu menyelenggarakan proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, berbasis teknologi unggulan dalam bidang ilmu komunikasi khususnya pada bidang hubungan masyarakat jurnalistik dan periklanan. Tujuan dari program studi ilmu komunikasi yaitu membentuk civitas akademika dan sarjana yang memiliki kompetisi dalam studi komunikasi dengan menguasai Public Relation, jurnalistik dan periklanan. Menghasilkan lulusan yang siap dan mampu berkompetisi di dunia kerja dan kualifikasi sarjana strata satu yang terampil di bidang komunikasi, periklanan, public relations dan jurnalistik. Dalam pencapaian keterampilan umum mahasiswa di program studi ilmu komunikasi diharapkan mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovasi dalam konteks pemecahan masalah pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. Sedangkan dalam pencapaian keterampilan khusus mahasiswa program studi ilmu komunikasi mampu memproduksi isi pesan untuk berbagai tujuan komunikasi menggunakan berbagai jenis saluran komunikasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial dan etika. Profil Lulusan 1. Entrepreneur Memiliki kemampuan dalam mengelola usaha di bidang industri media seperti fotografer, videografer, event organizer. 2. Jurnalis Media Memiliki kemampuan sebagai jurnalis di berbagai jenis media massa, baik surat kabar, majalah, radio, televisi, maupun situs berita online, mencakup beberapa bidang pekerjaan seperti menjadi reporter, fotografer, cameraperson, video jurnalis, redaktur, editor foto, dan editor video. Para lulusan juga akan dibekali kompetensi meliputi kesadaran tentang etika dan hukum, kepekaan jurnalistik, serta pentingnya jejaring dan lobi. Kemudian pengetahuan tentang teori dan prinsip jurnalistik, pengetahuan umum dan khusus, serta keterampilan dalam mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi, melakukan riset, analisis, serta menggunakan alat dan teknologi informasi. 3. Social Media Specialist Memiliki kemampuan dalam memanfaatkan media sosial untuk berbagai kebutuhan, seperti penyebarluasan berita/ informasi, pemasaran produk/jasa, kampanye sosial, dan kampanye politik, dengan cara mengelola konten dan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di platform media sosial, menjadi admin media sosial, dan meminimalisir konflik pada media sosial, mampu mengidentifikasi masalah dan memberikan pemecahan masalah yang terjadi di media sosial, serta mampu membuat dan mengelola program aktivitas di media sosial. Serta memberikan branding image dan citra perusahaan melalui kegiatan Public Relations Officer (PRO), dalam mengelola pesan media sosial. 4. Advertising Agency Team Memiliki kemampuan sebagai bagian dari tim agensi periklanan yang mampu merancang pesan iklan dalam bentuk teks, image, audio dan audio visual yang dipublikasikan melalui berbagai media baik media konvensional seperti cetak, radio dan televisi maupun media digital seperti website, aplikasi smartphone dan media sosial, sesuai dengan segmentasi pasar yang ditetapkan berdasarkan hasil analisis dan riset mendalam. Beberapa profesi yang terlibat seperti tim kreatif, copywriter, graphic designer, strategic planner, media planner, brand activation specialist dan digital marketing specialist. Ada banyak kegiatan seru yang dilakukan program ilmu komunikasi yaitu: 1. Workshop dan seminar, menghadirkan praktisi komunikasi untuk berbagai pengalaman dan pengetahuan terkini 2. Simulasi media, praktek membuat konten media seperti artikel, video atau podcast 3. Studi lapangan mengunjungi perusahaan media, biro iklan, atau lembaga komunikasi 4. Proyek penelitian, melakukan penelitian komunikasi, studi tentang media sosial atau perilaku konsumen 5. Praktikum produksi media, mengoperasikan peralatan produksi seperti kamera 6. Kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis, tetapi juga memperluas wawasan dan jaringan profesional. Kegiatan seru program studi Ilmu Komunikasi Drs. Solten Rajagukguk, MM Helen Olivia, S,Ikom.,M.Ikom Dr. Achmad Budiman Sudarsono, S.Sos.,M.Ikom Risqi Inayah Dwi Jayanti, S.Ikom.,M.Ikom Fitri Sarasati, S.Ikom.,M.Sc Dr. Rustono Farady Marta, S.Sos., M.Med.Kom