• humas@usni.ac.id
  • 08175715171
  • (021) 739 8393
Logo USNI
  • Home
  • Tentang Kami
    • Tentang Kami
    • Struktur Organisasi
  • Prodi
    • S1 Manajemen
    • S1 Akuntansi
    • S1 Hubungan Internasional
    • S1 Ilmu Komunikasi
    • S1 Hukum
    • S1 Teknik Informatika
    • S1 Teknik Lingkungan
    • S1 Sistem Informasi
    • S1 Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan
    • S2 Magister Manajemen
  • Tautan
    • PMB USNI
    • SIAKAD Mahasiswa
    • SIAKAD Dosen
    • Perpustakaan
  • Campus Life
    • Kegiatan Mahasiswa
    • Prestasi Mahasiswa
    • P2M Mahasiswa
    • Blog
  • Kontak
Pendaftaran
Logo USNI

Jadi versi terbaik diri!

  • humas@usni.ac.id
  • (021) 739 8393
  • Home
  • Tentang Kami
    • Tentang Kami
    • Struktur Organisasi
  • Prodi
    • S1 Manajemen
    • S1 Akuntansi
    • S1 Hubungan Internasional
    • S1 Ilmu Komunikasi
    • S1 Hukum
    • S1 Teknik Informatika
    • S1 Teknik Lingkungan
    • S1 Sistem Informasi
    • S1 Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan
    • S2 Magister Manajemen
  • Tautan
    • PMB USNI
    • SIAKAD Mahasiswa
    • SIAKAD Dosen
    • Perpustakaan
  • Campus Life
    • Kegiatan Mahasiswa
    • Prestasi Mahasiswa
    • P2M Mahasiswa
  • Contact
Pendaftaran
Find Us
Education Images

Strategi Personal Branding dan Peluang Karir Gen Z di Era Digital

Blog Images

Jakarta, 16 Januari 2025 – Kegiatan P2M (Pengabdian Masyarakat) bertema "Build Your Brand, Grow Your Income in the Digital Era" yang diselenggarakan oleh Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) sukses menarik minat para siswa/i SMKN 19 Jakarta. Kegiatan ini berlangsung di SMKN 19 Jakarta dengan antusiasme yang tinggi.

Sri Muljani, S.Pd., selaku Kepala Sekolah SMKN 19 Jakarta turut mengapresiasi kegiatan P2M dari Universitas Satya Negara Indonesia (USNI). Kegiatan ini juga diisi oleh dua pembicara dari jajaran dosen USNI, yakni Agus Wahyono, S.E., M.M., dan Risqi Inayah Dwijayanti, M.I.Kom.

Dalam pemaparan materinya, menurut Agus, personal branding membantu individu menciptakan persepsi positif di mata publik. Dengan semakin berkembangnya dunia digital, kemampuan membangun citra diri yang unik menjadi salah satu kunci untuk menonjol dalam persaingan kerja. 

Selain itu, Agus menyebutkan bahwa ada enam keterampilan esensial yang wajib dimiliki oleh Gen Z, yaitu literasi teknologi, kemampuan berpikir kreatif, penguasaan berbagai bahasa, kemampuan beradaptasi dengan cepat, keterampilan belajar secara mandiri, serta keahlian komunikasi yang mumpuni. Keterampilan-keterampilan ini menjadi sangat krusial karena kita hidup di era di mana persaingan kerja semakin ketat, dan tuntutan profesional terus berkembang.

Dengan literasi teknologi, Gen Z dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan digital. Pemikiran kreatif memungkinkan mereka untuk menemukan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan, sementara kemampuan multilingual membuka peluang di pasar global.

Agus juga memberikan tips untuk membangun personal branding yang kuat, diperlukan strategi yang meliputi mengenali keunikan diri, menentukan tujuan branding, memahami target audiens, menjaga konsistensi dalam konten dan pesan, serta memperluas jaringan profesional. Strategi ini membantu kita menciptakan citra diri yang autentik, meningkatkan kepercayaan orang lain, dan membuka lebih banyak peluang, baik di dunia kerja maupun kehidupan sosial.

Kegiatan P2M ini juga menyoroti peluang besar bagi lulusan manajemen di era digital. Berdasarkan laporan World Economic Forum 2020, 45% pekerjaan didominasi oleh lulusan manajemen. Profesi yang relevan meliputi digital marketing, pengelola keuangan, manajer SDM, dan pengembang bisnis.

Seperti program studi Manajemen di USNI yang menawarkan pendidikan berbasis praktik dengan metode pembelajaran interaktif, bootcamp, dan magang internasional, termasuk di Jepang. Ini bertujuan menciptakan lulusan yang siap kerja dan memiliki kompetensi global.

"Selain itu, kami juga memiliki program in-house incubator bisnis, dengan akses mentorship dan pendanaan yang terbuka untuk semua mahasiswa. Yang paling penting, mereka bisa lulus dengan produk atau bibit bisnis yang siap, bekerja dalam tim lintas disiplin. Ini tentunya meningkatkan peluang kesuksesan mereka,” tambah Agus. 

Alumni USNI telah membuktikan diri dalam berbagai bidang. Contohnya, Akhmad Yuslizar yang kini menjabat sebagai Komisaris PT Wika Realty, serta Intan Puspita Sari yang sukses sebagai Asisten Manajer HRD di sebuah perusahaan besar. Dengan berbagai bekal keterampilan dan strategi personal branding, generasi muda diharapkan dapat menjadi versi terbaik diri mereka dan sukses di dunia kerja yang kompetitif.

Kegiatan P2M ini memberikan wawasan penting bagi Gen Z dalam membangun personal branding yang kuat. Dengan keterampilan yang tepat dan strategi branding yang konsisten, generasi muda dapat menonjol di dunia digital yang kompetitif. Pendidikan berbasis praktik dan peluang karir di bidang manajemen membuka jalan bagi mereka untuk sukses dan meraih kesuksesan di dunia kerja global.

Logo Usni

Kampus yang bantu kamu #jadiversiterbaikdiri agar siap bersaing, dengan kurikulum berbasis kewirausahaan yang kreatif & kolaboratif.

Daftar Sekarang
Useful Links
  • Portal PMB
  • Portal Mahasiswa
  • Portal Orang Tua
  • Portal Dosen
Our Company
  • Perpustakaan
  • Repository
  • LPPM
Get Contact
  • Phone: (021) 739 8393
  • E-mail: humas@usni.ac.id
  • Location: Jl. Arteri Pondok Indah No. 11 Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Copyright © 2024 Pustikom USNI All Rights Reserved