Ada yang bisa kami bantu? (021) 739 8393 | +6281286561978

Kunjungan Budaya Kasepuhan Sinar Resmi IKOM USNI

Kunjungan Budaya Kasepuhan Sinar Resmi IKOM USNI

Komunikasi lintas budaya merupakan proses komunikasi yang dilakukan oleh dua kebudayaan atau lebih. Tujuannya untuk mengurangi tingkat kesalahpahaman serta meminimalisir terjadinya konflik.


Pada dasarnya, tiap proses komunikasi hampir selalu melibatkan kebudayaan. Karena komunikasi merupakan sarana transmisi kebudayaan, dan budaya merupakan bentuk, proses, teknik, dan metode sosial dalam kehidupan manusia yang terus membudaya.


Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) Melakukan Kunjungan Budaya ke Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi, Dosen Pengajar Mata Kuliah Komunikasi Lintas Budaya Bertha Komala Sinambela, S.Sos., M.Si menjelaskan bahwa dengan melakukan kunjungan seperti ini kita bisa melihat implementasi dari banyaknya budaya budaya di daerah sebagai komunikasi memperkenalkan budaya tersebut ke luar daerah.


Ada satu hal yang menarik dari Kasepuhan Sinar Resmi yakni Jipeng, Jipeng berasal dari kata Tanji dan Topeng disingkat menjadi Jipeng, Musik Jipeng mempunyai kemiripan dengan Tanjidor Betawi hanya saja disela-sela permainan musik Tanji disertakan tarian dan drama yang biasa disebut topeng. Kepala adat Kasepuhan Adat Sinar Resmi Abah Asep Nugraha berharap dengan adanya perhatian pemerintah seperti pembinaan para pelaku seni, pengadaan alat-alat kesenian dan membantu publikasi berupa pementasan, diharapkan kesenian tradisional Jipeng tetap lestari.


Pada sesi terakhir diakhiri dengan foto bersama dengan keluarga Abah Asep Nugraha dan memberikan seserahan berupa kenang-kenangan dan bingkisan Sebagai Cinderamata Kunjungan Budaya Ke Kasepuhan Sinar Resmi.

-Baktiku Untukmu Negaraku-

Streaming Radio USNI FM