Ada yang bisa kami bantu? (021) 739 8393 | +6281286561978

Tim Mahasiswa USNI Raih Juara 2 Veteran Business Case Competition

Tim Mahasiswa USNI Raih Juara 2 Veteran Business Case Competition

Prestasi membanggakan diraih oleh tim mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) yang terdiri dari Syahrul Ari Saputra  (Manajemen 2021), Windi Patria Lestari (Manajemen 2021), dan Raihan Andhika Putra (Ilmu Komunikasi 2020) sebagai Juara 2 Veteran Business Case Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.

Kabar menggembirakan tersebut menjadi momen pertama bagi tim yang dinamai Tim Pejuang Muda, Syahrul beserta dua rekannya baru pertama kali mengikuti kompetisi diajang nasional terlebih lagi kompetisi business case ini. Meskipun baru pertamakali, mereka berhasil meraih prestasi terbaik di ajang ini.

“Secara umum skema yang kita lalui terdiri dari 2 fase. Pertama, registrasi dan babak penyisihan, di mana para tim diminta mengumpulkan paper dari case yang diberikan. Kalau lolos babak ini selanjutnya masuk ke babak final, dimana hanya ada 4 (empat) Tim yang akan mempresentasikan hasil analisisnya, lalu akan ada tanya jawab dari dewan juri.

Persaingan di kompetisi ini cukup kompetitif dan membuat nervous tersendiri bagi Tim Pejuang Muda, karena selain baru mengikuti kompetisi bergengsi ini juga harus menghadapi sesi tanya jawab dengan dewan juri.

Sebagai ketua tim, syahrul mengungkapkan bahwa keberhasilan tersebut tidak terlepas dari adanya kerja sama yang baik dengan anggota timnya. Selain itu peran pembimbing sangat mebmbantu keberhasilan ini, poin penting yang menjadi keunggulan timnya juga terletak pada keunikan dan originalitas dari solusi pemecahan yang ditawarkan.

Syahrul mengatakan bahwa strategi yang ia lakukan bersama dengan timnya adalah menganalisis kasus yang diberikan secara mendalam dan melakukan integrasi dari inovasi yang telah ada. Selain itu, diperlukan keunikan dari strategi yang diberikan sehingga akan menjadi poin tambahan tersendiri.

Kasus bisnis yang diberikan berasal Toko Warungku yang memiliki produk aplikasi bernama Warung Tempo. Inti dari kasus tersebut adalah bagaimana para peserta dapat memberikan ide supaya bisnis Toko Warungku yang berorientasi pada peminjaman pembiayaan bagi UMKM tetap berjalan dan terus berkembang untuk kedepannya.

Tim Pejuang Muda berfokus pada implementasi strategi yang bernama Macs Strategic, strategi yang dielaborasikan dari Integrated Marketing Communication, Customer Engagement, dan Unique Selling proposition.

Salah seorang anggota tim, Raihan mengakui bahwa dalam proses menyelesaikan kasus bisnis tersebut tidak lepas dari berbagai tantangan yang kerap dihadapi. Salah satunya adalah diperlukannya research lebih luas dan mendalam. Hal ini dikarenakan lomba yang mereka geluti tersebut di luar pengetahuan yang mereka miliki sebagai mahasiswa FISIP.

Walaupun begitu, Tim Pejuang Muda tetap mengobarkan semangat yang membara untuk terus berkompetisi karena mereka meyakini bahwa banyak manfaat dan skill yang didapatkan dari pengalaman berkompetisi, khususnya kompetisi skala nasional yang melibatkan banyak mahasiswa-mahasiswa unggul lainnya dari seluruh Indonesia.

Veteran Business Case Competition merupakan sebuah kompetisi pemecahan kasus bisnis di lingkungan perusahaan yang ditujukan untuk mahasiswa dari seluruh Indonesia. Kompetisi ini bertujuan sebagai sarana penyampaian ide atau gagasan baru dalam memecahkan kasus bisnis dari sudut pandang mahasiswa. Di tahun 2022, Veteran Business Case Competition mengusung tema “Finding Opportunities by Leveraging Technology”. Adapun pendaftaran Veteran Business Case Competition 2022 dibuka pada 25 Juli – 10 September 2022. Lalu, tahap pengerjaan analisis diadakan pada 11 September – 18 September 2022. Tahap final 24 September 2022 melalui media Zoom. Setelahnya, akan diperoleh Juara 1, Juara 2, Juara 3 

Artikel disusun oleh : Yuli Setiawan, S.A.B.,M.A

Streaming Radio USNI FM