Kampus A: Jl. Arteri Pondok Indah No. 11 Kebayoran Lama - Jakarta Selatan
Kampus B: Jl. H. Jampang No. 91, Jatimulya - Bekasi

INFO LINE : (021) 739 8393
Home » News » Seminar Big Data Universitas Satya Negara Indonesia
Agenda :

Seminar Big Data Universitas Satya Negara Indonesia

Menyambut Era Industri 4.0 di Indonesia di tahun 2019,Fakultas Teknik Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) menyelenggarakan Acara Seminar yang mengadaptasi tema “ Big Data Di Era Industri 4.0 “ yang diselenggarakan pada hari Senin,01 Oktober 2019 di Aula Kampus A yang berlokasi di jalan Arteri Pondok Indah Nomor 11 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan yang dimulai pukul 08:00-12:00 WIB, Yang dibawakan oleh Bpk.Nurul Chafid S.Kom, M.Kom. Sebagai Moderator Acara, Serta 2 Orang Pembicara yaitu, Ir. Beno K. Pradekoso CEO LABS PT.247, Serta Bapak Zulkifli, S.Kom.,M.Kom.

Indonesia masuk ke dalam Negara Dengan Pengguna Internet Terbesar di dunia yaitu Peringkat ke-5, Maka Dari itu Indonesia mempunyai potensi yang besar sebagai penghasil dan pengguna data terbesar di Dunia. Apalagi sekarang indonesia telah merubah industri menjadi Era Industri 4.0 yang artinya Penggunaan Teknologi Digital untuk membantu kehidupan sehari-hari semakin banyak digunakan kedepannya.

Demi Mendorong Revolusi Industri 4.0 itu, Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) mengadakan Acara Seminar tentang Big Data yang membahas betapa pentingnya BIG DATA di dalam Revolusi Industri 4.0 Indonesia, Kenapa penting? Karena saat ini Era digital telah telah mendorong dunia ke arah Revolusi Industri 4.0 yang dicirikan oleh perpaduan teknologi yang mengaburkan batas antara fisik, digital, dan biologis. Hal ini ditandai dengan hadirnya sejumlah terobosan teknologi baru di sejumlah bidang, di antaranya adalah robotika, kecerdasan buatan (AI), blockchain, IoT ( Internet Of Things ), dan lainnya.

Berbeda dengan data biasa yang berukuran dari Kilobyte sampai Gigabyte, Big Data sudah mensupport data berukuran 1 Terabyte sampai hingga ratusan Pentabyte, Selain itu Big Data mempunyai pertumbuhan data (Data Velocity) yang sangat cepat. Apa Itu Data Velocity? Data Velocity merupakan pertumbuhan data tiap detiknya, Big Data mempunyai kecepatan berkisar 30Kb hingga 30Gb tiap detiknya.

Seminar ini diadakan guna memberikan pemahaman serta gambaran kepada seluruh Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia, Karena menghadirkan Pembicara-Pembicara Terkemuka yang sangat ahli di bidang Big Data ini demi pemanfaatan Big Data dalam bisnis perbankan,Akademisi,maupun layanan Kesehatan yang mana Data kesehatan masyarakat Indonesia belum dapat mengakses seperti yang dikatakan oleh Ir. Beno K. Pradekoso dalam Seminar Big Data Kemarin.

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari seminar ini adalah Teknologi pada zaman sekarang akan semakin berkembang dengan tuntutan melonjaknya pengguna internet aktif di dunia, Terbukti dari data yang dijabarkan oleh Bpk.Zulkifli S.Kom, M.Kom. selaku pembicara ke-2 bahwa dari 267 juta penduduk Indonesia ada 132 Juta Pengguna Internet Aktif Serta 106 Juta Pengguna Media Sosial Aktif, Maka dari itu kemungkinan terjadinya ledakan data dikemudian hari dapat diantisipasi dengan Teknologi Big Data ini, Karena Big Data memiliki segala aspek keunggulan yang dimiliki untuk men-support Revolusi Industri 4.0 Indonesia.

Author : Bagus Priyo

BERITA SEBELUMNYA
Seminar Penyelesaian Konflik Papua Prodi Hubungan Internasional

Sejak Bulan Agustus, Papua tak hentinya dilanda konflik, Yang berawal dari

Wisuda Ke-XXIII Ahli Madya,Sarjana,Magister Manajemen Universitas Satya Negara Indonesia

Di Era Revolusi Industri 4.0 Sumber Daya Manusia di indonesia dituntut