Kampus A: Jl. Arteri Pondok Indah No. 11 Kebayoran Lama - Jakarta Selatan
Kampus B: Jl. H. Jampang No. 91, Jatimulya - Bekasi

INFO LINE : (021) 739 8393
Home » Badan Penjaminan Mutu (BPM) USNI

Badan Penjaminan Mutu (BPM) USNI

Penjaminan mutu perguruan tinggi bertujuan terjaminnya mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi baik pada masukan, proses, maupun keluaran berdasarkan peraturan perundang-undangan, nilai dasar, visi, dan misi perguruan tinggi. Kegiatan penjaminan mutu ini merupakan perwujudan akuntabilitas dan transparansi perguruan tinggi.


Hal ini sesuai dengan Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 51 ayat 2, dimana pengelolaan satuan pendidikan tinggi dilaksanakan berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu, dan evaluasi yang transparan. Selain itu, Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dimana perguruan tinggi wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan sebagai tanggung jawabnya kepada stakehopders, untuk memenuhi atau melampaui standar nasional pendidikan yang dilaksanakan secara bertahap, sistematis, dan terencana dalam suatu program penjaminan mutu yang memiliki target dan kerangka waktu yang jelas, sehingga mutu pendidikan dapat ditingkatkan secara berkelanjutan.


Organisasi penjaminan mutu di Universitas satya Negara Indonesia (USNI), sejak digulirkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Nasional tahun 2005 oleh DIKTI,   diawali dengan membentuk Komisi Jaminan Mutu (KJM) dengan Surat Keputusan Rektor USNI No 052/SK/R-USNI/XII/2005 tanggal 25 Desember 2005.  Sebagai kelanjutan komitmen USNI dalam memelihara dan meningkatkan mutu melalui tri dharma perguruan tinggi, maka dipandang perlu untuk membentuk Badan Penjaminan Mutu (BPM) pada tahun 2012 dengan SK Badan Pengurus Yayasan Abdi Karya/Badan Penyelenggara USNI Nomor 194.A/SK/BP-YAK/VII/2012 Tentang Pembentukan Badan Penjaminan Mutu di USNI pada tanggal 01 Juli 2013.  Fungsi, tugas dan struktur organisasi BPM tertuang pada SK BP Yadika No. 194.A/SK/BP-YAK/VII/2012 (Terlampir).

Visi Badan Penjaminan Mutu USNI :
Menjadikan penjaminan mutu sebagai budaya dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan USNI pada tahun 2015.


Misi Badan Penjaminan Mutu USNI :
Mengembangkan sistem dan kelembagaan penjaminan mutu internal secara  konsisten dan berkelanjutan dalam rangka penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Satya Negara Indonesia.

  1. Menyusun dokumen SPMI  dan perangkat yang diperlukan dalam rangka implementasi SPMI.
  2. Mendorong sivitas akademika Universitas Satya Negara Indonesia memiliki kesadaran dan bertanggung jawab akan budaya mutu dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi serta audit internal terhadap proses implementasi SPMI dalam rangka penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Satya Negara Indonesia

Tujuan Badan Penjamninan Mutu USNI :

  1. Mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) secara  konsisten dan berkelanjutan dalam rangka penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Satya Negara Indonesia .
  2. Menghasilkan dokumen SPMI, kelembagaan dan perangkat yang diperlukan dalam rangka implementasi SPMI di Universitas Satya Negara Indonesia.
  3. Membangun setiap unsur penyelenggara USNI agar memiliki kesadaran dan bertanggung jawab akan budaya mutu dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi.
  4. Membantu pencapaian tingkat Akreditasi Institusi dan Program Studi  sesuai dengan  kebijakan SPMI dan Renstra yang ditetapkan USNI 
  5. Terwujudnya operasional manajemen USNI berdasarkan sistem mutu yang berlaku.

Susunan Personalia BPM USNI adalah sebagai berikut:

  • Ketua: Dr. Ir. Urip Rahmani, M.Si
  • Kepala Divisi Perencanaan dan pengembangan : Yosi Stefani, SE, MM
  • Kepala Divisi Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan: Bosar Panjaitan, S.Si., M.Kom

 

BERITA SEBELUMNYA
MWTECC (Modern Ways To Etnic Creativity Cometition)

silahkan bergabung dan ramaikan acara ini dengan mengikut sertakan kemampuan dan kekompakan anda dalam seni

Terima kasihku Untuk Sahabat

(290317) Di dunia ini, kamu tidak dapat hidup sendiri. Kamu selalu membutuhkan seseorang yang bisa menenangkanmu