Home » News » Business Perspective in Asean Economic Community (MEA) 2015 : Strategy Air Transportation in Indonesia
Post : | Hits :
Business Perspective in Asean Economic Community (MEA) 2015 : Strategy Air Transportation in Indonesia

Asean Economic Community (AEC) atau dalam istilah Bahasa Indonesia disebut dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA ) dilatar belakangi oleh ASEAN Summit tahun 1997 yang diadakan di Kuala Lumpur. Para kepala negara ASEAN menyepakati ASEAN Vision 2020 yaitu mewujudkan kawasan yang stabil dan berdaya saing tinggi dengan pertumbuhan ekonomi yang merata. Dari sinilah muncul ide pembentukan Komunitas ASEAN yang memiliki tiga pilar utama, yaitu: (1) ASEAN Security Community, (2) ASEAN Economic Community, (3) ASEAN Socio-Cultural Community. Komunitas ini pada awalnya akan diterapkan secara penuh pada tahun 2020, namun dipercepat menjadi tahun 2015 sesuai dengan kesepakatan dari pemimpin negara-negara anggota ASEAN. Hal ini pun juga disesuaikan dengan perkembangan globalisasi internasional yang menuntut ASEAN untuk lebih kompetitif lagi. (Triansyah Djani, 2007:32)


Kesediaan Indonesia bersama negara anggota ASEAN lainnya membentuk ASEAN Economic Community pada tahun 2015 sebagai bentuk integrasi ekonomi kawasan yang secara umum akan menyerupai system yang telah diterapkan oleh European Union (EU) ini, tentu saja didasarkan pada keyakinan atas manfaatnya yang secara konseptual akan meningkatkan pertumbuhan negara – negara anggota ASEAN. Integrasi ekonomi dalam AEC 2015 melalui pembukaan dan pembentukan pasar yang lebih besar, dorongan peningkatan efisiensi dan daya saing, serta pembukaan peluang penyerapan tenaga kerja di kawasan ASEAN diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh negara di kawasan.


Prodi MM USNI mencoba memberikan pemahaman tentang perspective bisnis di era MEA 2015 dari sudut pandang bisnis transportasi udara. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi mahasiswa MM USNI khususnya bagi yang sedang aktif pun juga bagi alumni MM USNI serta civitas akademika USNI

BENTUK KEGIATAN

Kegiatan Seminar ini mengambil tema:

- “Business Perspective in Asean Economic Community (MEA) 2015 : Strategy Air Transportation in Indonesia “.

TUJUAN KEGIATAN
Seminar
• Untuk memberikan pemahaman tentang perspektif Bisnis di era masyarakat ekonomi asean.

• Untuk memberikan pengetahuan kepada peserta seminar tentang bagaimana hubungan dunia bisnis transportasi udara dan faktor faktor yang mempengaruhinya.

• Memberikan pemahaman dan informasi yang berkaitan dengan hambatan hambatan dan peluang dalam bisnis transportasi udara.


PELAKSANAAN & PESERTA

a. Pelaksanaan :
Hari/tanggal : Kamis, 2 April 2015,
Waktu : 09.00-13.00,
Tempat : Ruang MM USNI

b. Peserta seminar terdiri dari :
• Seluruh mahasiswa baru Magister Manajemen semester genap tahun akademik 2014/2015
• Mahasiswa Magister Manajemen USNI
• Alumni Mahasiswa Magister Manajemen USNI & Civitas akademika USNI
• Undangan mahasiswa magister manajemen dari universitas sekitar

c. Pembicara
Pembicara : Dr. Laurensius (Mantan Direktur Keuangan Angkasa Pura II)
Pembicara : Agus Wahyono, SE, MM

Author : mm-usni